Minggu, 21 Mei 2017

Waktu Adalah Harta Termahal


 Kenapa waktu adalah harta termahal.? karna waktu itu cepat berlalu, dan jika sudah berlalu ia tak mungkin kembali. Oleh karena itu,waktu merupakan harta termahal bagi manusia. Rahasia mahalnya waktu itu karena ia merupakan sarana untuk setiap aktivitas,kreativitas,dan produktivitas manusia serta sebagai modal pokok bagi manusia baik secara individu maupun masyarakat.

Waktu bukanlah emas seperti yang sering dikatakan orang-orang selama ini,akan tetapi waktu itu lebih dari padea emas,permata,intan,berlian ataupun batu mulia. Oleh sebab itu, orang yang tidak menghargai nilai waktu,kelak hidupnya akan penuh penyesalan. Pada akhirnya ia akan menyadari betapa bernilai dan mahalnya waktu bagi amal dan kehidupan manusia.Di dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa ada 2 situasi saat manusia menyesal karena kehilangan waktu.
Pertama,saat pencabutan ruh dari jasad(kematian)
وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا ۚ وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.
Kedua,ketika di akhirat saat manusia menerima balasa dari apa yang telah dikerjakan atau diusahakan.
وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ ۚ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ
 Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan". Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar